Zoom H5 dan Live Streaming

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Bagi yang menggeluti bidang multimedia atau yang sering menggarap produksi video pasti sudah familiar dengan piranti yang bernama Zoom Recorder. Sebagaimana yang diketahui, fungsi utama alat ini adalah untuk merekam suara. Namun, tahukah teman-teman bahwa Zoom Recorder bisa dimanfaatkan ketika kita melakukan Live Streaming?

Ada banyak sekali seri atau tipe dari Zoom Recorder yang beredar di pasaran. Kali ini, kami ingin spesifik membahas seri yang saat ini paling umum dipakai yaitu Zoom H5.

Dalam sebuah produksi live streaming, biasanya kita perlu menghubungkan output dari mixer sound ke laptop/PC agar suara yang masuk bisa lebih jernih dibandingkan jika mengambil suara langsung dari kamera. Cara yang paling mudah dan umum dilakukan yaitu dengan mencolokkan kabel audio dari mixer sound langsung ke port audio bawaan laptop/PC. Tidak ada yang salah dengan itu. Namun, soundcard bawaan laptop pada umumnya berkualitas standar. Terkadang juga sulit mendeteksi jack audio yang dicolokkan, terlebih lagi jika laptop yang digunakan hanya memiliki satu lubang audio sehingga kita menggunakan splitter audio.

Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan piranti tambahan yang disebut External Soundcard. Jenis, merk, dan serinya pun bermacam-macam. Mulai dari yang murah hingga yang mahal ada.

Nah, Zoom H5 (dan beberapa seri Zoom lain atau merk sound recorder lain) ternyata memiliki fitur yang bisa menggantikan fungsi dari External Soundcard. Mau tahu bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

Peralatan-Peralatan Yang Dibutuhkan

  • Zoom H5
  • Kabel data USB
  • Kabel Audio
  • Laptop/PC

Langkah-Langkah Persiapan

  • Tancapkan satu ujung kabel audio ke port output mixer sound atau sumber lain dan ujung satunya ke port input di Zoom H5 (Disarankan menggunakan port xlr di bagian bawah Zoom H5).
  • Hubungkan kabel data dari port usb di sisi kiri body Zoom H5 ke port usb di laptop/PC.

Cara Setting di Perangkat Zoom H5

  • Nyalakan perangkat Zoom H5, lalu tekan tombol menu di samping kanan perangkat, pilih menu USB.

  • Di dalam menu USB, pilih Audio Interface. Ini akan mengubah fungsi Zoom H5 dari alat perekam menjadi mode Audio Interface. 

  • Setelah itu, silakan pilih mau mode Stereo atau Multi Track. Yang paling simple pilih Stereo saja. 

  • Lalu pilih sumber daya yang mau digunakan. Mau pakai daya dari kabel USB atau dari baterai. Lebih aman pilih yang Bus Powered (Sumber Daya dari USB).

  • Setelah itu, tampilan di layar indikator seharusnya sudah berganti ke mode Audio Interface.

Tampilan Mode Audio Interface Zoom H5

  • Pastikan tombol input di Zoom H5 sudah dipilih yang Nomor 1 dan atau 2 jika input itu yang akan dipakai. Matikan input mic Zoom (L & R)  jika tidak dipakai agar tidak ada suara bocor dari mic.
  • Jika seluruh langkah sudah dilakukan dengan benar, seharusnya audio yang masuk sudah terdeteksi. Bisa dilihat dari bar indikator di layar bergerak mengikuti input audio yang masuk.
  • Di laptop/PC dan software streaming yang digunakan, pastikan input microphone diganti ke source H5.
  • Selesai. Seharusnya audio sudah masuk dan terdeteksi di laptop/PC dan software streaming yang digunakan. Siap untuk live streaming.

 

Mudah kan, teman-teman? Jika membutuhkan Zoom H5 untuk mengadakan Live Streaming tetapi belum memiliki perangkat Zoom H5, kalian bisa lho sewa di iframe Rental dengan harga terjangkau.

Kalau masih merasa bingung dengan cara instalasi tersebut dan membutuhkan Jasa Live Streaming yang handal dan terpercaya, silakan langsung kontak admin Iframe Multimedia. Klik aja tombol di bawah ini.

Tombol Whatsapp Iframe Multimedia

More To Explore